real estate menu left
real estate menu right
real estate company logo
Cerpen PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 17 May 2016 10:36

AWAL DARI SEBUAH PERJUAGAN UNTUK PERPUSTAKAAN

cipt. Iraniza

Saat matahari mulai enggan menammpakkan sinarnya. Sesaat berikutnya muncullah seseorang dari balik suatu ruangan, yang tengah sibuk merapikan semua benda yang berserakan. Seseorang itu bernama mas paijo, ia adalah pengurus perpustakaan sederhana, sejak beberapa tahun yang lalu. Ruangan yang tampak sederhana, namun begitu bermakna bagi kalangan remaja. Sebuah ruangan yang disebut perpustakaan. Meski perpustakaan itu cukup sederhana, namun buku-buku yang ada disana sangatlah lengkap meski terlihat kusut dan usang.

Saat seseorang mulai menutup tirai ruangan itu, nampaklah sebuah kesunyian dalam ruangan itu dan disaat itu pula para buku saling bertukar cerita.

“ heii.. kawan kita sudah aman. Sudah tak ada orang lagi disini” sebuah mesin ketik kecil mulai berbicara.

“hoorreee,, seneng banget rasanya hari ini. Nggak biasanya loo hari-hari biasa begini aku laku banyak.” Kata buku tebal yang usang.

“maksudmu laku banyak gimana?.” Tanya sebuah majalah, yang sedari tadi hanya diam.

“maksudku, biasanyakan jarang nih buku tebal dan using seperti aku banyak dibaca, apalagi di pegang.”jawab bubal

Bubal [bukutebal] adalah sebuah buku tertua di perpustakaan tersebut. Meski terlihat usang, namun dia termasuk kategori buku terlengkap dibandingkan buku yang lainnya.

“oh iya, aku lupa Tanya Kom,berapa banyak orang yang berkunjung hari ini ?” Tanya buing [buku inggris] kepada computer.

“waaahhh buing Alhamdulillah, hari ini pengunjungnya buuuaanyak banget. Kurang lebih 300 orang lah.” Jawab computer.

“waaw banyakya, lumayanlah, tapi mungkin karna ini mendekati ujian kali ya? Mungkin para pembaca, hanya ingin mencari referensi saja. “ buja [buku jawa] mulai bicara.

“ tapi kan ja, itu sudah awal yang bagus bagi mereka?” sahut bubal.

“ iya bal, aku inginnya lebih dari sekedar mencari referensi saja. Aku ingin mereka memasukkan kita dalam hobinya.” Bentak buja.

Memang benar, perpustakaan itu hanya ramai dikunjungi orang dalam hari-hari istimewa saja. Seperti saat mendekati ujian atau di saat study banding. Saat hari-hari biasa  para remaja biasanya memilih untuk  refreshing.

“ mungkin ya ja, karna tempat kita ini kurang begitu nyaman untuk ditempati. Coba lihat di sekeliling kita, cat nya saja sudah tampak kusam. Apalagi, pegawai perpus ini juga kurang begitu memasok buku-buku baru. Contohnya….” Computer mulai berpendapat.

Belum selesai kom kom bercakap.

“apakom, maksudmu kau mau nunjuk aku? Ya memang aku tebal, dan umur ku sudah tua. Tapi diantara kalian,aku adalah kategori buku terlengkap!” geram bubal.

“sudah-sudah jangan bertengkar terus. Kita harus berfikir, bagaimana caranya agar para pembaca, memasukkan kita dalam hobinya.” Kata buing.

“ sudahlah, masalah ini kita bahas besok saja. Aku juga capek, tiaphari kita membahas itu terus.” Tolak bubal.

Keesokan harinya, waktu berjalan seperti biasanya. Perpustakaan itu masih terlihat sepi, walau matahari tepat berada diatas kepala. Tiba-tiba, terihat dari pintu ada seorang pemuda bernama jijo, yang mengawali buku pengunjung. Saat itu, jijo sedang mengembalikan sebuah buku yang ia pinjam dari perpustakaan itu. Jijo memanglah seorang pemuda yang  gemar membaca, dania juga termasuk siswa yang pandai.

Disaat itu pula bubal melirik ke arah jijo, dan dari lirikannya itu bubal mulai menyusun rencana. Dan disaat malam tiba..

“perhatian semua, diharap sekarang berkumpul di depan rak majalah,karena adahal

Penting yang mau saya bicarakan.” Perintah bubal.

Akhirnya para buku pun memulai rapatnya,yang dipimpin bubal sang buku legendaris.

“begini, pagi tadi saya sempat melihat seorang pemuda yang katanya dia adalah orang yang sangat gemar membaca, namanya jijo. Dari sini, kita akan menyuruh jijo untuk bilang kepengurus perpustakaan agar perpustakaan ini menjadi sebuah ruangan yang sangat nyaman untuk ditempati. Bagaimana?” kata bubal tegas.

“tapi bubal bagaimana caranya kita memberitahu kepada jijo?” sahut majalah.

“kita datangi dia lewat mimpi. Kita mencoba memberikan sebuah isyarat kepada jijo supaya mau berpendapat mengenai perpustakaan ini.” Jawab bubel dengan lantang.

“okelah, kalau begitu maumu kami semua setuju.” Jawab serentak.

Dini hari itu juga bubel melakukan sebuah ritual untuk bias membuat sebuah pesan, yang ia kirimkan dalam mimpi. Waktu pagi hari telah tiba, jijo langsung memasuki perpustakaan dengan perasaan ketakutan.

“mas..mas Paijo..” kata jijo dengan tersengal-sengal.

“ada apa jo?,, tenang dulu, kalu mau ngomong sebaiknya nafasnya diatur dulu.”sahut mas paijo.

“begini mas, bolehkan saya berpedapat mengenai perpustakaan ini.” Kata jijo.

“iya dek silahkan. “ mas paijo mempersilahkan.

“begini mas, menurut saya perpustakaan ini kurang begitu nyaman untuk ditempati, karena bangunannya yang sempit, dan fasilitas juga kurang memadai. Disamping itu, buku-buku dan rak juga tidak tersusun dengan rapi. Kalau pihak perpus bersedia, sebaiknya untuk segera melakukan renovasi, dan lebih banyak memasok buku-buku baru lagi.” Tutur jijo.

“tapi dek jo, menurut mas ini juga sudah lumayan baik dan untuk melakukan pasokan buku saya rasa tidak perlu, karna di perpustakaan ini pula  sudah banyak buku-buku yang jauh lebih lengkap.” Jelas mas paijo.

“memang benar perpustakaan ini terdapat banyak buku yang lengkap. Apasalahnya mas, kalau kita memasok buku-buku baru lagi, mungkin saja perpustakaan ini menjadi banyak pengunjungnya dan kita bias menambah lebih banyak referensi lagi.” Jelas jijo

Setelah beberapa lama terjadi negoisasi antara jijo dan mas paijo. Akhirnya mas paijo pun bersedia untuk melakukan sejumlah renovasi, dan memulai memasok buku-buku yang baru yang berkualitas  bagus.

Dua bulan kemudian renovasi rampung, dan buku-buku mulai tersusun rapi. Sekarang nampaklah semua keindahan yang tercipta pada perpustakaan sederhana ini. Di pojok kanan terlihat berjajaran  sebuah computer terbaru, disampingnya juga diletakkan computer yang lama dan di setiap sudut ruangan terdapat pendingin ruangan. Tak hanya itu mas paijo juga telah menyediakan rak tas untuk meletakkan tas pengunjung agar terlihat rapi. Mas paijo memang sengaja tidak menyisihkan atau membuang barang-barang yang lama. Karna menurutnya ,barang-barang itu juga sangat banyak berjasa dan membantu banyak orang. Barang itu juga termasuk barang-barang yang kuno, jikalau mas Paijo maumenjualnya, para kolektor barangantik pun tak segan-segan membelinya dengan harga yang reltif mahal.

Disaat malam tiba,

“Alhamdulillah teman-teman, doa kita selama ini sudah terkabulkan. Lihat disekeliling kita semua serbarapi, wangi, indah deh pokoknya.” Kata buja dengan gembiranya.

“iya tak hanya itu ja, kita juga mendapatkan teman-teman yang baru. Kita juga bias bertukar ilmu dengan mereka. Ini semua berkat kerja keras kita yang dibantu oleh jijo. Lihat sekarang! Aku juga tak sendirian lagi, sekarang aku ditemani oleh 4 buah computer canggih.” Sahut komkom.

“syukurlah kalian senang, sebagi buku tertua disini aku sangat gembira dan lega. Akhirnya apa yang kita harapkan bias terwujud. Aku pun juga sangat bersyukur karna mas paijo tidak menyisihkan kita ke gudang. Kalu sampai hal itu terjadi, sama saja rencana kita sia-sia benerkan?” tambah bibel.

Setelah kejadian itu, akhirnya perpustakaan ini menjadi sebuah surge bagi para buku dan pecinta buku. Semakin hari, semakin banyak pengunjung di perpustakaan tersebut. Dan mas paijo pun memeberikan sebuah nama perpustakaan itu dengan nama “Zero To Hero”, dengan alas an nama itu dijadikan sebagai sebuah kenangan, bahwa dia dulu pernah mendirikan sebuah perpustakaan yang jarang sekali dikunjungi banyak orang. “dibangun dari sebuah kesederhanaan, muncullah sebuah hal yang luar biasa.”,itu yang selalu mas paij okatakan. Mas paijo, dan beberapa buku lainnya sangatlah bahagia, karna sekarang para remaja lebih banyak menghabiskan waktunya untuk membaca, dan menjadikannya sebuah kesenangan atau hobi.

 


MAN 1 Sragen.

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan